Gambara Photo Award 2012: Flores Bangkit “Cinta Bhinneka Tunggal Ika” (Deadline: 8 Juli 2012)

 

Ajang ini merupakan pengembangan dari Lomba Foto GAMBARA NIAS BANGKIT 2010 yakni lomba foto dengan realitas sosial yang meliputi bidang pendidikan, kesehatan, sosial kemasyarakatan dan kebudayaan sebagai hirauan utamanya. Kompetisi diselenggarakan secara bertahap, dibagi dalam 2 babak: babak kualifikasi dan final. Pada tahap awal lomba akan melakukan pendaftaran peserta secara online melalui situs www.gambara.co.id.

Tiap peserta akan diminta meng-upload karya foto (colour/berwarna) mereka sebanyak 5 buah karya. Pada tahap pertama bertemakan “Life Around Us” peserta dibebaskan untuk menentukan tempat & objek pemotretan di mana pun mereka berada. Peserta tidak diharuskan mengirimkan foto mengenai Flores. Tahapan ini akan menentukan 3 orang juara yang dinilai secara online oleh para anggota (member) situs www.gambara.co.id. Pemenang tahap ini akan memperoleh hadiah hiburan. Pada fase ini juga akan dipilih 20 peserta yang kemudian disebut dengan nama Duta Gambara untuk mengikuti putaran final, Photo Trip di Flores untuk menentukan juara utama. Dalam tahap kedua ini tema yang diusung adalah “Cinta BHINNEKA TUNGGAL IKA” dengan pendekatan pada aspek keberagaman dan realitas sosial kemasyarakatan sebagai objek kajiannya.

Putaran final di Flores ini akan mengeksplor seluruh daerah di Flores dari sebelah Barat hingga ujung Timur Pulau Flores. Mulai dari daerah Labuan Bajo, Ruteng, Borong, Bajawa, Ende, Maumere, Larantuka, Adonara, hingga Lamalera. Termasuk daerah luar Pulau Flores, seperti Pulau Sumba dan Pulau Alor.

Sebagaimana yang dicapai di Nias, lomba ini diharapkan akan memantik ekspose pemberitaan media massa yang luas mengenai Pulau Flores dengan segala potensinya, baik yang tersentuh (tangible) maupun tidak tersentuh (intangible).

Melalui kerja sama publikasi, peluncuran buku fotografi, pameran foto, dan peta fotografi yang kemudian akan di-share melalui Goggle Map, diharapkan Flores makin dikenal di seluruh dunia. Hingga akhirnya, semakin banyak orang yang berkunjung ke pelosok Flores. Diharapkan, melalui seluruh rangkaian kegiatan ini seluruh daerah di Pulau Flores akan mengalami perkembangan yang seiring dan serentak dengan bertumpu pada kekhasan masing-masing masyarakatnya.

PRIZE AND AWARD 

Babak Kualifikasi:
Dalam babak kualifikasi, selain untuk memilih 20 orang Duta Gambara (finalis), juga para peserta dapat melakukan voting online untuk mencari 3 foto yang paling banyak memperoleh vote.
Lomba Foto Online-Vote (NetFoto): 3 orang Juara Best NetFoto Hadiah: Camera Bag KATA KT-20 Sling Backpack 3N1

Babak Final

  • 20 Duta Gambara (Finalis) yang terpilih untuk melakukan hunting foto di 20 titik di Flores, akan mendapatkan :
  • 20 buah Camera Canon Powershot G12
  • Tiket pp Flores-Jakarta
  • Akomodasi dan transportasi selama Flores
  • Free workshop dari setiap Juri Gambara

Para Duta Gambara tersebut akan berlomba menghasilkan beberapa seri karya foto essay, yang akan memperebutkan:
THE WINNER OF GAMBARA PHOTO AWARD 2012 : merupakan penghargaan yang diberikan atas 3 seri karya foto essay para finalis (Duta Gambara) yang paling menggambarkan tema “Cinta Bhinneka Tunggal Ika”.
Hadiah: Trophy + Camera Leica M9P + Bonus Lens 35mm

FRANS SEDA PRIZE : merupakan penghargaan yang diberikan atas 3 seri karya foto essay kebudayaan para finalis (Duta Gambara) dalam rangka penghormatan gambara atas peran dan sumbangsih alm. Frans Seda bagi kemajuan Flores secara umum.
Hadiah: Camera Canon EOS 1DX + Bonus Lens 35mm

GOLD WINNER : merupakan penghargaan yang diberikan atas 3 seri karya foto essay terbaik para finalis (Duta Gambara) yang mewakili gambaran objektif dari realitas di bidang pendidikan, kesehatan, dan sosial kemasyarakatan di Flores.
Hadiah: Camera Nikon D4 (Body Only)

SILVER WINNER : merupakan penghargaan yang diberikan atas 2 seri karya foto essay terbaik para finalis (Duta Gambara) yang mewakili gambaran objektif dari realitas di bidang pendidikan, kesehatan, dan sosial kemasyarakatan di Flores.
Hadiah: Camera Nikon D3s (Body Only)

BRONZE WINNER : merupakan penghargaan yang diberikan atas 1 seri karya foto essay terbaik para finalis (Duta Gambara) yang mewakili gambaran objektif dari realitas di bidang pendidikan, kesehatan, dan sosial kemasyarakatan di Flores.
Hadiah: Camera Leica X1

Babak Kualifikasi (5 Februari 2012 – 8 Juli 2012)

  • Pada tahap ini, peserta dapat berpartisipasi dengan mengirimkan foto-foto terbaik mereka. Olah digital diperbolehkan, sebatas perbaikan kualitas foto tanpa mengubah keaslian foto.
  • Upload foto-foto anda ke situs pendaftaran dengan ukuran spesifik: maximum length/height 1024 pixels dengan resolusi maksimal 150 dpi.
  • Terdapat 5 kategori yang dapat dipilih yaitu: Landscape, Arsitektur, Human Interest, Budaya, dan People. Masing-masing orang bisa mengirimkan maksimum 5 buah foto. Peserta dapat membagi 5 foto mereka ke dalam kategori-kategori yang disediakan.
  • Tema pada Babak Kualifikasi adalah “Life Around Us (Kehidupan di sekitar kita)”. Dengan tema ini diharapkan peserta dapat mendeskripsikan tema tersebut dalam keindahan sebuah foto.
  • Para peserta diharapkan sudah mengirim karya foto mereka dalam batas waktu yang ditentukan di atas.

Babak Final (22 September 2012 – 1 Oktober 2012)

  • Babak Final adalah tahap selanjutnya bagi mereka yang dinyatakan lolos dari babak Kualifikasi dan dinobatkan sebagai Duta Gambara.
  • Pada babak ini, 20 Duta Gambara akan diajak untuk melakukan Hunting Trip ke lokasi-lokasi yang telah ditentukan di Pulau Flores, dan saling berkompetisi untuk menghasilkan karya essay foto terbaik dalam batas waktu yang telah ditentukan.
  • Para pemenang dari GAMBARA Photo Award 2012 : FLORES BANGKIT ini akan ditentukan oleh Dewan Juri berdasarkan pada foto-foto yang mereka buat selama Hunting Trip.

Kriteria
Kompetisi ini terbuka untuk umum dari seluruh dunia, dan peserta berusia 17 tahun keatas.
Kompetisi ini tertutup untuk seluruh karyawan dan anggota keluarga dari PT. Widya Media Delasiga dan Yayasan Delasiga.

Tema
Tema Utama Gambara Photography Award 2012: Flores Bangkit ini adalah “Cinta BHINNEKA TUNGGAL IKA”

Lomba ini dibagi dalam 2 babak:
Babak Kualifikasi
Sub-temanya adalah: “Life Around Us (Kehidupan di sekitar kita)”
Foto harus dapat mendeskripsikan sub-tema dari sudut realitas sosial masyarakat di sekitar anda.

Babak Final
Temanya adalah: “Cinta BHINNEKA TUNGGAL IKA”

Periode Pendaftaran
Pendaftaran karya foto diterima dari 5 Februari 2012 – 8 Juli 2012, 12:00 pm Indonesia Time (GMT +7)

INFO SELENGKAPNYA KLIK GAMBARA PHOTOGRAPHY

Satu Tanggapan to “Gambara Photo Award 2012: Flores Bangkit “Cinta Bhinneka Tunggal Ika” (Deadline: 8 Juli 2012)”

  1. irwan prasetyo 4 Mei 2012 pada 4:04 am #

    Salut buat misinya, dengan mengadakan lomba – lomba photo seperti ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: