Kodak Bangkrut

20 Jan

News image

 Eastman Kodak Co., perusahaan kamera bersejarah asal Amerika Serikat,  menyatakan bangkrut. Perusahaan yang didirikan pertama kali pada April 1880 oleh George Eastman di State Street, Rochester, As, mengajukan perlindungan pailit ke pengadilan AS. Kodak mengajukan perlindungan yang dikenal sebagai Chapter 11 agar tidak dilikuidasi.
Kebangkrutan Kodak disebabkan karena kegagalan untuk beradaptasi dengan kemajuan teknologi digital. Serbuan berbagai merek kamera digital dan ponsel berkamera tak mampu dihadang oleh Kodak, meski telah mendapat suntikan dana dari Citigroup sebesar US$950 selama 18 bulan. Namun pada September 2011, sejumlah investor menarik modalnya sebesar US$160 dan menyebabkan keuangan Kodak kian oleng.
Pengajuan perlindungan pailit tersebut dilakukan guna melindungi 17 ribu pekerja yang masih  ada dan untuk mencari calon pembeli baru. Perlindungan ini juga memungkinkan Kodak untuk fokus mengembangkan aset-asetnya di bidang teknologi digital pada kamera, smartphone, dan tablet. Kodak juga telah mendaftarkan sejumlah paten teknologi percetakan.
Kebangkrutan Kodak sangat menyedihkan karena perannya dalam kehidupan setiap orang. Kodak yang didirikan oleh Eastman dengan modal awal US$125 menjadi perusahaan fotografi ternama di era film. Ketika Neil Amstrong menginjakkan kaki ke bulan pada 1969, Kodak turut mengabadikan peristiwa tersebut. Kita tunggu saja semoga ada investor lain yang akan menyelamatkannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: