Kamera Digital Saku Pilihan untuk Pelancong

4 Jan

Sejumlah kamera digital saku yang telah beredar dan menjadi favorit konsumen selama 2011. Di bawah ini sejumlah kamera digital saku yang cocok untuk traveling. Kini harganya kian memurah seiring dengan munculnya generasi penerusnya. Jika Anda tertarik untuk menebusnya mungkin bisa artikel ini bisa dijadikan rujukan.

Nikon Coolpix S9100
Harga: Rp 2,7 juta
Spesifikasi: sensor CMOS 12.1M, 18x optical zoom, 1080p HD video dengan suara stereo.

Nikon membuat kamera yang memiliki lensa dengan kemampuan zoom 18x. Kamera saku ini juga berbodi tipis dengan 34,6 mm. Kekuatan lain dari kamera ini adalah sistem untuk mengurangi getaran sensor ketika memotret dan electronic image stabilisation yang mencegah hasil jepretan buram alias blur. Dengan bekal ISO 3200, kamera ini mampu menghasilkan gambar saat suasana ssekitar gelap. Fitur lainnya berupa mode Panoramic, Automatic scene dan beragam efek special.


Canon PowerShot SX230 HS
Harga: Rp 3,2 juta
Spesifikasi: sensor CMOS 12MP, 14x image stabilised optical zoom, Manual exposure control, 1080p HD video recording, GPS

Meski saat ini lensa dengan zoom 14x kurang mencukupi untuk memotret, SX230 HS menanamkan sensor CMOS dengan sensitivitas tinggi dan prosesor DIGIC 4 yang mumpuni untuk memotret di kondisi cahaya minim. Selain itu masih ada tambahan berupa program automatic scene dan face detection serta exposure manual, yang jarang ada di kamera jenis saku. Apalagi ada fasilitas perekam video Full HD (1080p) dengan suara stereo dan fungsi GPS untuk menampilkan lokasi pemotretan.


Sony Cyber-shot DSC-HX9V
Harga: Rp 3,9 juta
Spesifikasi: sensor CMOS 16MP, 16x optical zoom, 3D dan mode panorama

Adanya fitur 3D memungkinkan Anda untuk merekam fambar tiga dimensi untuk kemudian dinikmati di layar kaca tiga dimensi. Cybershot HX9V juga menyertakan fasilitas untuk memotret foto panorama dan merekam video HD. Kamera ini dilengkapi dengan lensa dengan kemampuan zoom 16x, GPS, dan kontrol manual. Sayangnya pada kamera ini tidak tersedia mode aperture dan shutter priority.

Casio Exilim ZR-100
Harga: Rp 2,7 juta
Spesifikasi: sensor CMOS 12.1MP, lensa dengan zoom 12.5x, fungsi video kecepatan tinggi, video HD 1080p

Casio Exilim ZR-100 merupakan salah satu kamera yang memiliki zoom range terpendek. Beruntung ada fasilitas zoom Multi-frame SR yang bisa meningkatkan zoom range hingga 25x. Di kamera ini juga ada control exposure secara manual, mode program automatic scene, dan fitur HDR otomatis yang bisa menghasilkan gambar indah. Kamera ini juga mendukung rekaman video Full HD yang hasilnya dapat ditampilkan ke TV via HDMI. Rekaman video dapat dilakukan dengan kecepatanshutter tinggi hingga 1000 frames per detik.

Panasonic Lumix DMC-TZ20
Harga: Rp 3,3 juta
Spesifikasi: sensor CMOS 14.1MP, 16x optical zoom, 1080p HD video, layer sentuh, foto 3D

Kamera ini menggunakan lensa Leica dengan kemampuan zoom 16x, plus fitur perekam video 1080p, GPS dan foto 3D. Fasilitas menarik lainnya berupa layar sentuh dan mode Intelligent Auto (IA).Fitur zoom Intelligent yang ada di kamera ini memungkinkan kamera dengan resolusi 14.1MP dinaikkan kemampuannya hingga 21x. Hasilnya lebih baik dibanding sistem zoom digital konvensional yang ada selama ini.

Fujifilm FinePix F550 EXR
Harga: Rp 2,8 juta
Spesifikasi: Sensor CMOS 16MP, lensa 15x optical zoom, perekam gambar Raw, Full manual control, 1080p HD video, GPS

Adanya fasilitas perekam RAW, kontrol manual, dan sensitivitas ISO12800 adalah kelebihan yang dimiliki oleh kamera saku ini. Selain adanya fungsi GPS untuk memberikan geo-tag pada gambar, jadi sangat berfungsi untuk mengingat kembali lokasi saat foto dibuat. Seperti halnya kamera saku lainnya, kamera ini juga menyediakan mode automatic scene dan fasilitas untuk merekam video full HD 1080p. Sensor 16 megapixel dengan lensa ber-zoom 15x cukup untuk memenuhi tuntutan pengguna kamera yang cocok buat traveling ini.


Canon PowerShot SX40 HS
Harga: Rp 6,4 juta
Spesifikasi: sensor CMOS 12.1MP, lensa zoom optic 35x dengan image stabilised, 1080p HD video, Swivel LCD screen

Harganya memang relatif lebih mahal unutk ukuran kamera digital saku. Dengan harga segitu sebenarnya Anda memiliki pilihan untuk membeli kamera DSLR ataumirrorless. Namun ada timbal balik yang diberikan oleh PowerShot SX40 HS, antara lain: lensa dengan kemampuan zoom 35x yang setara dengan 24-800mm (format 35mm) dan adanya prosesor terbaru DIGIC 5 yang bisa menghasilkan gambar lebih tajam. Mode yang diberikan juga lumayan lengkap, hampit mirip kamera DSLR, di antaranya mode scene, Smart Auto, dan manual. Kamera ini dapat merekam video 1080P HD lebih mudah karena electronic viewfinder yang diwakili oleh layer LCD bisa diputar, sehingga memudahkan kala merekam atau memotret obyek.

Nikon Coolpix L120
Harga: Rp 2,5 juta
Spesifikasi: sensor CCD 14M, zoom 21x, 720p HD video dengan suara stereo

Kamera ini ditujukan untuk konsumen dengan kocek pas-pasan. Lensanya memiliki kemampuan zoom optikal 21x yang setara dengan 25-525mm (format 35mm). Meski murah, kamera ini telah dipasangi dengan fasilitas Vibration Reduction untuk mengurangi getaran kala memotret. Alat jepret ini juga menyediakan fasilitas Macro untuk memotret obyek hingga jarak terdekat 1 cm. Dengan ISO 6400 memungkinkan penggunanya untuk memotret pada kondisi cahaya minim. Perekam videonya hanya bisa menghasilkan resolusi 720p HD dengan suara stereo.


Olympus SZ-30MR
Harga: Rp 3,4 juta
Spesifikasi: sensor CMOS 16MP, lensa dengan zoom optikal 24x, multi recording untuk memotret dan merekam gambar secara bersamaan

Selain menyertakan lensa dengan zoom 24x yang setara dengan 26-600mm (format 35mm), kamera ini dilengkapi dengan kecepatan memotret continuous 9 fames per second (fps). Kecepatan sekian sudah mencukupi jika bandingannya adalah kamera DSLR.
Fasilitas lain yang dimiliki berupa dual image stabilization, 3D, perekam video 1080p dan memotret berbarengan dengan merekam video.

Sony Cyber-shot DSC-HX100V
Harga: Rp 5,4 juta
Spesifikasi: sensor CMOS 16.2MP, lensa zoom 30x, mode panorama

Jika Anda ingin mencari kamera saku yang memiliki kecepatan shutter tinggi, mungkin HX100V adalah jawabannya. Kemampuannya untuk menangkap gambar 10 frames per second dalam mode burst cukup untuk diandalkan. Fasilitas lainnya berupa lensa dengan zoom optical 30x, mode panorama, 3D, dan fasilitas pengedit foto di dalam kamera.

Panasonic FZ48
Price: Rp 4,2 juta
Spesifikasi: sensor CCD 12.1MP, lensa dengan zoom optik 24x (setara dengan 25-600mm), Optical Image Stabilisation, manual exposure control

Kamera ini memiliki nama lain FZ47, sebuah kamera bergaya DSLR dengan fitur mode exposure yang cukup kaya. Sayangnya belum ada fasilitas untuk memotret dalam format RAW. Kecepatan autofocus pada kamera ini lebih cepat jika dibandingkan dengan rata-rata kamera superzoom lainnya, sehingga cukup cocok untuk memotret obyek foto olahraga atau gerakan. Apalagi mode burst yang dimilikinya 3.7fps, cukuplah untuk ukuran kamera saku. Sayangnya pixel yang ada hanya 12.1 juta, terasa kurang jika komparasinya adalah soal harga. Namun beberapa fitur lainnya paling tidak menutupi kekurangan yang dimilikinya.
Diambil dari tulisan saya di: kufoto.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: