10 Aplikasi Berbagi Foto untuk Android

1 Des

Photo-sharing kini menjadi aktivitas yang memudahkan bagi setiap pengguna ponsel. Kalau di iPhone ada Instagram yang begitu populer, di platform Android pun banyak aplikasi berbagi-foto yang bisa digunakan, dengan fitur setara dengan Instagram. Apalagi menurut rencana, Kevin Systrom juga akan membuat Instagram versi Android. Lengkap sudah kebutuhan yang selama ini diidamkan oleh pengguna Android.

Sembari menanti Instagram versi Android, sebenarnya di Market telah tersedia beragam aplikasi photo-sharing yang tak kalah apik. Paling tidak ada 10 aplikasi yang layak dijajal oleh Android lovers, disusun berdasar alphabetikal.

EyeEm

EyeEmEyeEm merupakan aplikasi photo-sharing yang cukup cantik dengan tampilan antarmuka yang apik. Aplikasi ini selain berukuran kecil, juga mudah digunakan. Anda bisa memotret langsung dari aplikasi ini atau mengambil foto dari galeri lalu diolah dengan filter yang ada di EyeEm. Ketika foto diunggah dan dibagikan maka akan terlihat juga foto-foto dari pengguna EyeEm yang lokasinya berdekatan dengan lokasi foto tersebut.
Meski tampilan antarmuka EyeEm menarik, ada bagian yang cukup mengganggu ketika Anda meng-upload foto, yakni: harus mengisi judul dan lokasi foto. Tapi secara keseluruhan layak untuk dipasang di ponsel Android Anda.

Harga: Gratis
OS: Android 2.2
Unduh: EyeEm
Developer: EyeEm

Flickr

FlickrTak perlu meragukan eksistensi Flickr sebagai platform photo-sharing terbesar saat ini. Layanan yang dimiliki oleh Yahoo ini sudah berusia 7 tahun, namun untuk versi Android terbilang baru. Aplikasi ini juga menyertakan fungsi kamera berikut filter dan fungsi tagging foto.

Flickr cukup responsif dan tampilan antarmuka (User Interface=UI) pun mudah untuk dipahami. Kemudahan untuk men-download, mengakses foto, album, dan kontak dalam satu tempat menjadi keunggulan dari aplikasi ini. Sayangnya, ragam fiturnya tak seapik aplikasi lainnya.

Harga: Gratis
OS: Minimal Android 2.1
Unduh: Flickr
Developer: Yahoo Inc.

Lightbox

LightboxLightbox, platform photo sharing yang dibuat oleh Thai Tran – dulunya bekerja sebagai Product Manager di Google dan YouTube. Tampilan antarmuka Lightbox sangat kaya, responsif, indah, dan dilengkapi dengan fitur kamera terintegrasi. Aplikasi ini juga menyertakan sejumlah filter yang menyenangkan, tak hanya untuk Lightbox saja tapi juga bisa digunakan untuk Flickr, Twitter, Tumblr, Facebook dan FourSquare.

Sayangnya aplikasi yang masih terus dikembangkan ini memiliki kelemahan: Anda belum bisa membagi profil Lightbox wall milik Anda ke jejaring. Tapi tenang, kelemahan ini dipastikan akan hilang pada versi yang baru.

Harga: Gratis
OS: Minimal Android 2.1
Unduh: Lightbox
Developer: Lightbox

LiveShare

LiveShareLiveShare, aplikasi photo sharing buatan Cooliris yang bisa diakses dari ponsel dan komputer. Berbeda dengan web Cooliris yang memiliki tampilan antarmuka cukup kaya, ternyata layanan LiveShare terbilang simpel. Yang bisa Anda lakukan: meng-upload foto, menambahkan teman, dan melihat streaming foto. Sayangnya aplikas ini belum mencerminkan semangat komunitas: berbagi.

Apabila Cooliris mengembangkan lebih lanjut LiveShare, bukan tidak mungkin akan bisa menyaingi layanan photo-sharing lainnya.
Harga: Gratis
OS: Minimal Android 2.1
Unduh: LiveShare
Developer: Cooliris

Path

PathPath seharusnya bisa menjadi platform yang unik. Kenapa? Layanan yang diberikan berbeda dengan photo-sharing pada umumnya. Path memberi kemudahan buat Anda untuk berbagi foto ke keluarga atau teman, dan foto-foto yang telah diunggah bisa dikomentari atau diberi nilai. Intinya ada fasilitas untuk berinteraksi di pada foto tersebut.

Artinya, foto-foto akan lebih bermakna karena ada ikatan emosi dari orang-orang yang terdapat dalam foto. Apalagi ada fasilitas untuk membatasi orang yang bisa melihat foto tersebut sehingga lebih aman. Sekilas fitur ini mirip yang disediakan oleh Facebook. Sayangnya, peluncuran Path yang sempat ditunda dan akhirnya mbrojol 2 hari setelah Google mengeluarkan Google+, sangat tidak tepat waktunya. Bagi sebagian orang yang tidak tertarik dengan Google+, mungkin bisa mencoba aplikasi dengan tampilan antarmuka nan simpel ini.

Harga: Gratis
OS: Minimal Android 2.1
Unduh: Path
Developer: Path Inc.

Photobucket

PhotobucketPhotobucket juga menjadi situs photo-sharing yang signifikan buar pengguna Android. Aplikasi ini memberi ruang buat Anda untuk meng-upload foto ke situs atau mengunduh foto, sekaligus berbagi link foto melalui Twitter dan Facebook. Photobucket Corporation, selaku pemilik aplikasi kini menyediakan aplikasi terpisah bernama Snapbucket, aplikasi untuk mengedit dan menambahkan filter serta bingkai ke foto.

Aplikasi ini menawarkan fitur-fitur menarik, di antaranya memberi tag pada foto atau meng-upload foto secara otomatis ke server Photobucket.
Harga: Gratis
OS: Minimal Android 1.5
Unduh: Photobucket
Developer: Photobucket Corporation

picplz

picplzPicplz, aplikasi photo-sharing yang sangat kondang di kalangan pengguna ponsel Android.  Aplikasi ini menjadi salah satu yang terbaik dan cocok untuk berbagi foto. Anda bisa melihat Twitter follower yang juga menggunakan picplz. Menarik kan?

Meski simpel dan mudah dipakai, kurangnya ragam tampilan dan pilihan editing foto menjadi poin minus dari picplz. Semoga si pembuatnya segera menyadari dan mengeluarkan update dengan fitur yang lebih komplit.
Harga: Gratis
OS: Minimal Android 2.1
Unduh: picplz
Developer: picplz.com

Snapr

SnaprAplikasi ini memiliki “semangat” komunitas yang kuat. Snapr memberi kelelluasaan bagi penggunanya untuk menunggah foto dan membagikannya ke beragam jejaring sosial termasuk ke situs Snapr sendiri. Wow… Titik berat aplikasi ini adalah menyebarkan foto berbasis lokasi geografis dan tempat-tempat khusus.

Dengan basis LBS, maka Snapr bisa disetarakan dengan FourSquare dan Gowalla, hanya layanan yang diberikan berupa foto. Komunitas pengguna Snapr saat ini memang masih kecil tapi bukan tak mungkin akan menggurita seiring berjalannya waktu🙂
Harga: Gratis
OS: Minimal Android 2.2
Unduh: Snapr
Developer: Snapr

Streamzoo

StreamzooStreamzoo, aplikasi photo-sharing yang cukup ramai komunitasnya. Lewat jaringan Streamzoo, Anda bisa memberi penilaian berupa ‘Like’ terhadap foto-foto dari pengguna aplikasi ini. Setiap “Like” yang Anda peroleh dari foto memiliki poin. Pengumpul poin terbanyak juga ditampilkan berdasar harian, mingguan, dan bulanan. Adanya filter, efek, bingkai, dan fitur tilt-shifts untuk mengolah foto semakin menambah kaya fitur yang dimilikinya.

Tak salah beberapa komunitas foto berbasis Android mulai menggunakan aplikasi ini, salah satunya Fotodroids. Streamzoo kemungkinan akan menjadi salah satu layanan photo-sharingterbesar untuk pengguna Android.Harga: Gratis
OS: Minimal Android 2.1
Unduh: Streamzoo
Developer: Phonezoo Communications Inc.

Trover

TroverTrover juga lebih menitikberatkan padaberbagi foto berdasar lokasi. Tampilan antarmukanya cukup kaya dan multi-platform, sehingga bisa pula digunakan oleh pada iPhone mania. Buat mereka yang suka jalan-jalan, menjelajah, hangin’ out, atau mengunjungi tempat-tempat yang baru, aplikasi iniakan cocok digunakan. .

Harga: Gratis
OS: Minimal Android 2.1
Unduh: : Trover
Developer: Trover

 

Lantas mana yang terbaik dan pantas untuk dipasang di ponsel? Semuanya kembali ke keputusan Anda, mau install semua aplikasi tersebut boleh-boleh saja, asal perhatikan memori dan kecepatan prosesor yang dimiliki ponsel. Memasang banyak aplikasi tentu akan membuat kinerja ponsel menjadi berkurang dan dampaknya terasa lelet saat dioperasikan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: