PictFest 2011, Pestanya Komunitas Fotografi

24 Nov

 

PictFest Logo Bicara tentang fotografi tentu tidak terlepas dari berbagai komunitas foto yang banyak bermunculan di tanah air. Selama ini para pehobi fotografi memanfaatkan komunitas-komunitas yang ada untuk berinteraksi, menimba ilmu baru, berbagi foto, atau sekadar untuk eksis.

Adanya kesamaan jenis kamera yang digunakan kemudian memunculkan komunitas berbasis brand atau merek. Sebut saja Canon Photo Club Indonesia, Indo NikonPentaxianAlpharian, dan seterusnya. Lantas ada juga komunitas fotografi profesional seperti Jakarta Photo ClubGallery Photography Indonesia, dan sebagainya.

Mereka yang ingin bergabung ke komunitas umum yang lebih cair ternyata memilih Ayofoto,FotokitaFotoisme, atau Indofotografi. Sementara fotografi untuk edukasi pun bisa dijumpai. Salah satunya Picture Me yang mengajarkan fotografi ke anak-anak. Lain lagi Kelas Pagi, komunitas fotografi yang dibentuk pada awal tahun 2006. Dinamai Kelas Pagi pengajarannya dimulai pada pukul 06.00 s/d 11.00 pagi hari setiap hari Rabu dan Jumat bagi siapapun, tanpa syarat dan baju seragam tanpa uang pangkal atau uang gedung.  Begitu halnya dengan RGB Class, yang lebih mengajarkan tentang teknik editing foto.

Sementara  itu, I “Light” This! bisa digolongkan sebagai komunitas foto yang unik. Kenapa? Komunitas tersebut berisi para “maniak” lighting grafiti, sebuah cabang fotografi urban yang mencampurkan beberapa elemen dari art dan visual. Yang lain adalah BW Lovers, sebuah komunitas foto yang lebih memilih memotret foto-foto hitam-putih /BW. Ada lagi Underwater Stories, komunitas foto yang lebih menyuarakan tentang kehidupan bawah laut. Wow… asyik kan?

Muncul juga komunitas-komunitas fotografi berbasis kota seperti Komunitas Fotografer Tangerang (KFT)Komunitas Fotografer BekasiKaskus Depok Photography, Bandung Daily Photo, Rana Klub Foto Cirebon, Fotografi Cimahi, dan masih banyak lagi yang tidak kami sebutkan di sini.

Tak melulu fotografi digital, ternyata peminat fotografi analog juga masih banyak. BuktinyaKomunitas Lubang Jarum Indonesia/KLJI atau Pinhole semakin ramai dan tersebar di  berbagai kota besar di Indonesia. Pun demikian dengan Kaskus Plastic and Toy cam Community (KLASTIC),Lomonesia, dan masih ada komunitas sejenis lain.

Ada pula komunitas yang berbasis minat. Salah satunya adalah komunitas Still Life Food Photography yang selalu berbagi foto mengenai makanan dan berjejaring via Multiply. Komunitas minat lainnya adalah Indonesian Geographic dan KeluaRumah yang lebih banyak mengeksplorasi tentang alam dan perjalanan wisata.

Klub-klub fotografi kampus dan sekolah pun kian jamak. Antara lain Diafragma UI, Lifo FE UI,KalacitraKomunitas Fotografi FKM UIFull Frame FISIP UIParasastra, SMP Garuda, dan masih banyak lagi.

Kini di era media sosial membuat siapapun lebih mudah mengekspresikan diri dan minat lewat foto, bahkan bergaya seperti fotografer profesional. Apalagi peranti mobile rata-rata telah dilengkapi dengan fasilitas kamera nan mutakhir. Tak salah kemudian muncul komunitas fotografi yang memanfaatkan gadget. Misalnya, komunitas iPhonesia yang memanfaatkan peranti iPhone/ iPod/ iPad dan aplikasi Instagr.am.

Yang menarik, anggota iPhonesia sebagian besar tidak memiliki ilmu tentang fotografi. Namun jepretan yang mereka hasilkan boleh dibilang ciamik. Bahkan dalam waktu kurang dari setahun anggotanya telah mencapai 993 orang. Sedangkan di Twitter, komunitas ini memiliki 3,172 followers dan di Instagram memiliki lebih dari 3.000 followers.

Lain platform lain komunitas. Semisal [fotodroids], muncul sebagai jawaban atas semakin banyaknya pengguna ponsel dan tablet berbasis Android. Komunitas yang mengklaim #1Andrography Community ini memanfaatkan milis fotodroids@googlegroups.com untuk berinteraksi, selain juga di Facebook dan web. Selain berkumpul dan berbagi karya plus tips, [fotodroids] mempublikasikan hasil foto oprekannya ke Twitter dan Picplz, sebuah jejaring sosial untuk fotografi yang bisa diakses langsung dari Android dan beberapa gadget lainnya.

Begitu halnya dengan KofiPon (Komunitas Fotografi Ponsel) yang memanfaatkan gadget untuk berkarya menghasilkan gambar menawan. Komunitas ini berdiri sejak 17 Maret 2009, dan menjadi komunitas fotografi ponsel pertama dan terbesar di Indonesia. KoFiPon yang berpusat di Yogyakarta dan memiliki sejumlah chapter di Jabodetabek, Medan, Pekanbaru, dan Semarang lebih asyik “berkumpul” ria di Facebook dan saling berbagi foto di sana.

Jadi, memotret kini bukan monopoli bagi fotografer (profesional). Semua orang kini bisa dengan mudah menghasilkan sebuah citra yang menarik. Memotret pun menjadi aktivitas seru, apapun jenis kameranya.

Nah, menyambut maraknya kegiatan fotografi dan menjamurnya komunitas penggiat fotografi,salingsilang.com akan menggelar PictFest 2011 bersama Kufoto.com. Kegiatan ini merupakan ajang komunitas fotografi profesional maupun pemula, kalangan industri fotografi dan kreatif, dan pemilik brand saling bertemu dan berbagi pengalaman serta pengetahuan; hingga membangun ikatan serta kolaborasi antara dunia online dan offline agar ranah fotografi Indonesia semakin kaya akan content.

PictFest pertama ini akan dihelat di fX LifeStyle X’nter, Sudirman, Jakarta, pada 9-10 Desember 2011, dengan tema “Pict Out Loud!” (pukul 10.00 s/d 22.00 WIB), dan siap menyambut 20,000 pengunjung; pengguna media sosial, penikmat fotografi, komunitas profesional maupun pemula, kalangan industri fotografi dan kreatif, hingga pemilik brand. Setidaknya 30 komunitas akan berpartisipasi dalam kegiatan ini; selain itu juga para profesional di industri fotografi dan agensi.

Kegiatan apa saja yang akan dilakukan oleh para komunitas? Menilik formulir registrasi yang telah dikirim oleh partisipan, PictFest 2011 akan menyajikan beragam kegiatan seputar kegiatan memotret, hiburan, kontes, games, sampai kelas berbagi, tutorial, dan workshop. Lokasi akan ditata dengan dua panggung pendukung kegiatan, area utama aktivitas acara, ruang-ruang kelas,workshop spot, dan 30 (tiga puluh) booth partisipan.

Selain kegiatan offline, PictFest 2011 juga berlangsung secara online sehingga bisa menjaring aktivitas foto komunitas di kota lain di Indonesia. Untuk perseorangan yang ingin berpartisipasi pun, Kufoto menggelar pameran bertema “Jakarta Urban”. Hanya dengan mengirim foto, maka mungkin saja foto Anda akan dipajang di pameran Kufoto yang berlangsung di lantai 1 di fX LifeStyle X’nter.

Last but not least, PictFest 2011 terpilih masuk dalam agenda kalender Jakarta Biennale XIV 2011yang hadir di akhir tahun ini dengan tema “Jakarta Maximum City: ‘Survive’ or ‘Escape’?

Untuk info lebih detil mengenai Pictfest, silakan mengunjungi pictfest.com atau follow akun Twitter@pictfest. Mari berpartisipasi, berkolaborasi, lalu klik dan unggah fotomu!

Tulisan saya di salingsilang.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: