Skandal Terkuak, Kamera Olympus Tak Laku?

11 Nov

News imageSaham Olympus kembali jatuh 20% setelah anjlok 29% hari Selasa lalu. Jatuhnya saham Olympus karena terbukanya skandal laporan keuangan palsu selama 20 tahun. Selama kurun waktu tersebut ternyata Olympus membuat laporan palsu seolah-olah perusahaan dalam keadaan sehat. Skandal tersebut merupakan yang terbesar terjadi dalam sejarah korporasi di Jepang.

Sontak terkuaknya skandal ini membuat para pemegang saham utama Olympus merasa khawatir terhadap masa depan perusahaan yang telah berusia 92 tahun ini. Saham Olympus terjun bebas di Tokyo Stock Exchange sejak Oktober lalu ketika board of director bersamaan dengan dipecatnya direktur utama mereka, Michael Woodford. Eksekutif asal Inggris itu kemudian mengungkapkan adanya transaksi tak jelas sepanjang 2006 hingga 2008, salah satunya saat Olympus mengakuisisi produsen alat kesehatan Gyrus Group pada 2008. Satu transaksi yang dicurigai ialah pembayaran konsultan keuangan sebesar US$ 687 juta dalam proses akuisisi senilai US$ 2,2 miliar.

Sejak itu 75 persen pangsa pasar Olympus langsung lenyap. Otoritas bursa saham Jepang mensyaratkan Olympus untuk memberikan  laporan pendapatan perusahaan pada 14 Desember 2011. Apabila Olympus tidak bisa memenuhinya maka perusahaan pembuat kamera, lensa, dan optik digital ini terancam mengalami delisting.

Lantas bagaimana pula nasib penjualan kamera Olympus di dunia termasuk Indonesia, apakah terpengaruh dan tidak laku di pasaran? Kita tunggu rilis resmi dari Olympus Customer Care Indonesia.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: